Beranda » Artikel Bajatani » Pengertian Sampah Organik Dan Anorganik

Pengertian Sampah Organik Dan Anorganik

Diposting pada 9 September 2021 oleh Muhammad Fauzi | Dilihat: 32 kali | Kategori: , , , , ,

Bajatani–Pembahasan mengenaipengertian sampah organik dan anorganik. Sampah adalah sisa dari berbagai macam barang yang sudah tidak digunakkan atau bekas barang yang rusak atau tidak bekerja lagi. Tetapi ada barang-barang yang masih bekerja dan layak digunakan namun tetap saja pemilik memilih untuk tidak membuang dan menjadi sampah dengan alasan tertentu. Jadi kesimpulannya sampah adalah sisa atau bekas barang yang sudah tidak diperlukan oleh pemiliknya.

pengertian sampah organik dan anorganik

tumpukan sampah

  1. Pengertian Sampah Organik
  2. Pengertian Sampah Anorganik
  3. Jenis-Jenis Sampah Organik
  4. Contoh Sampah Organik Dan Anorganik
  5. Manfaat Sampah Organik
  6. Manfaat Sampah Anorganik

Pengertian Sampah Organik

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa mahkluk hidup yang mudah terurai/berubah secara alami tanpa adanya proses campur tangan manusia atau apapun untuk dapat terurai.

pengertian sampah organik dan anorganik

gambar sampah organik

Banyak yang mengakui Sampah sebagai sampah yang ramah lingkungan karena sampah organik dapat diolah kembali jika dikelola dengan benar dan tepat.Jika tidak dikelola dengan benar, sampah organik akan menimbulkan bau yang sangat menyenangkan dan tentunya tidak menyenangkan karena pembusukan sampah yang sangat cepat. .

Pengertian Sampah Anorganik

Berbeda dengan sampah anorganik, sampah anorganik termasuk sampah yang sangat sulit terurai. Jika sampah anorganik tertimbun di tanah maka dapat menyebabkan pencemaran tanah karena sampah anorganik termasuk zat yang sangat sulit terurai dan sampah yang akan tenggelam dalam tanah dalam waktu yang lama, hal ini menyebabkan kerusakan pada bagian lapisan tanah.

pengertian sampah organik dan anorganik

gambar sampah anorganik

Jenis-Jenis Sampah Organik

Sampah organik dapat digolongkan menjadi 2 macam yaitu


1. Sampah Organik Basah
Sampah organik basah adalah sampah yang mengadung banyak air. contohnya adalah sisa sayur, kulit pisang, buah yang busuk, kulit buah atau sayuran dan sejenisnya.
Inilah yang membuat kami menyatakan bahwa sampah organik dapat menimbulkan bau tidak sedap dikarenakan kandungan air nya tinggi yang dapat menyebabkan sampah dapat cepat membusuk.


2. Sampah Organik Kering
Sebaliknya dengan sampah organik basah, Sampah organik kering adalah sampah organik yang sedikit atau tidak mengandung air. Misalnya yaitu kayu, ranting pohon, daun – daun kering. Karena sampah organik sulit untuk diolah kembali jadi lebih sering dibakar untuk memusnahkannya.

Contoh Sampah Organik Dan Anorganik

  1. sampah organik Contoh Sampah Organik, adalah nasi, kulit buah, buah dan sayuran busuk, ampas kopi, bangkai hewan, dan kotoran hewan / manusia
  2. Sampah Anorganik
    Contoh dari sampah anorganik adalah plastik, botol / kaleng minuman, plastik, besi, kaca, kabel, barang elektronik dan sejenisnya. Memang sampah anorganik sulit terurai tetapi justru karena sulit terurai banyak manfaat yang terdapat dari hasil daur ulang sampah anorganik ini.

Manfaat Sampah Organik

1. Sampah Organik Untuk Kompos / Pupuk Organik
Sampah organik seperti buah – buahan yang busuk dan sayuran dapat dibuat menjadi sesuatu yang sangat berguna antara lainnya adalah kompos. Pengolahan sampah organik untuk kompos sangatlah mudah.

2. Untuk Tambahan Pakan Ternak
Mungkin yang kalian tahu sampah organik hanya dapat dibuat untuk menjadi pakan kambing, sapi dan kerbau. Tetapi sekarang sampah organik dapat diolah menjadi pelet untuk makanan ayam dan ikan

3. Sampah organik dapat diolah menjadi biogas dan listrik
Sampah organik dapat digunakan sebagai sumber listrik. Sampah organik yang berasal dari kotoran hewan dan manusia, limbah makanan seperti tempe dan tahu dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan listrik atau biogas.

Manfaat Sampah Anorganik

manfaat sampah anorganik adalah dengan membuat berbagai kerajinan hasil dari sampah / limbah. Misalnya sampah plastik dapat dibuat menjadi tas,dopet, taplak meja makan, pernak pernik, dan masih banyak lagi.

Mengetahui banyaknya manfaat yang dapat kita ambil dari pengolahan sampah atau limbah sekaligus banyaknya kekurangan dari adanya sampah tersebut, mengharuskan kita untuk tetap mengolah sampah dengan terus menerus, yang pastinya dengan pengolahan sampah membuat bumi kita menjadi bersih dan kita pun nyaman menjalani hidup ini.

Bagi para pebisnis pengolah sampah pasti melihat banyak sekali peluang penghasilan yang sangat menggiurkan dari adanya sampah ini,maka dari itu kami bajatani.com sebagai produsen mesin pengolahan sampah sangat pantas untuk menjadi mitra bisnis anda.

Sebagai referensi, bajatani menyediakan paket khusus mesin pengolah sampah klik disini

Bagikan

Pengertian Sampah Organik Dan Anorganik | Toko Alat Mesin Usaha Industri

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

KANTOR PUSAT

Jl. Gumbreg No. 19 Mersi Purwokerto Timur, Banyumas

Hotline : 0813-2926-7107 |

Bajatani

Bengkel Dan Gudang

Jl. Wahid Hasyim No 94B Karangklesem, Banyumas

 

Jl. Lesanpura No 20 Teluk, Banyumas

Jl. SMK N Kalibagor No 1

 

Chat via Whatsapp
Mara
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Mara
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja